Cara Memaster Burung Pleci Yang tepat - PJM Pleci Jalanan Mania - Work On The Internet - NANDY MD

Work On The Internet - NANDY MD

Jasa Photograpy freewedding,pernikahan,album pernikahan,photo gaya,photo casting,kolase wedding,jasa pembuatan blogger,pembauatan kaos bogor,sablon,bordir,iklan,quran digital,jasa blogger,webiste

Breaking News

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 05 Mei 2014

Cara Memaster Burung Pleci Yang tepat - PJM Pleci Jalanan Mania

PEMASTERAN BURUNG PLECI

PEMASTERAN. Apa arti Pemasteran?
Dan apa tujuan Pemasteran pada burung Pleci?
Pemasteran burung Pleci adalah proses melatih untuk menirukan atau mendoktrin burung Pleci dengan suara-suara lain, agar dapat merekam dan menirukan suara-suara lain yang kita perdengarkan.
Suara-suara lain tersebut antara lain suara burung sejenis, suara burung lain dan suara-suara lain yang kita inginkan.
Tujuan utama Pemasteran atau Memaster burung Pleci adalah supaya variasi lagu pada burung Pleci yang kita miliki dapat lebih banyak dan menjadi beragam.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TEKNIK DAN METODE MEMASTER (PEMASTERAN) BURUNG PLECI

Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung Pleci. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan. Salah satu mitos aneh yang berkembang, yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang dimaster dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut.

Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung Pleci harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung.

Sebenarnya;
Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung Pleci dalam keadaan mabung atau berganti bulu. Burung Pleci dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran.

Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung. Alasannya karena; Pada saat mabung, burung Pleci cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau.

Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. Apabila suara yang di dengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya, maka akan direkam dan ditirukan.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Untuk dapat melakukan proses pemasteran burung Pleci dengan optimal, kita harus memperhatikan beberapa hal penting, hal penting tersebut adalah:
1. Waktu Efektif Pemasteran
2. Mengkondisikan Burung yang akan di Master

Waktu efektif dalam proses pemasteran adalah pada waktu burung istirahat, siang hari di dalam rumah (sehabis mandi dan jemur) dan malam hari menjelang pagi (jam 22.00-06.00).
Walaupun pemasteran sudah kita lakukan pada waktu-waktu efektif pemasteran, ada hal lain yang harus kita perhatikan. Yaitu mengkondisikan burung yang akan di master. Ini merupakan faktor penting keberhasilan di dalam proses pemasteran. Mengkondisikan disini memiliki arti membuat suasana dan kondisi burung tersebut beristirahat dan membuat suasana menjadi tenang.

Yang harus dilakukan adalah: mengkrodong burung dan menjauhkan burung yang akan di master dengan burung sejenis atau burung lain. Fungsi mengkrodong burung disini, bertujuan menipu burung tersebut dengan membatasi pandangannya agar diam dan beristirahat dengan tenang sehingga waktunya akan digunakan untuk mendengar suara-suara yang ada di sekitarnya.
Setelah kita menentukan waktu efektif dan mengkondisikan burung yang akan di master, suara-suara master hendaknya diperdengarkan dengan volume kecil saja tetapi sangat jelas terdengar.

Jauhkan penempatan burung master dan sumber suara master dengan burung yang akan di master. Suara burung master yang terlalu besar dan jarak yang terlalu berdekatan dengan burung yang akan di master, berpotensi tidak akan direkam oleh burung yang akan di master. Banyak kasus juga, hal ini berpotensi dapat membuat burung yang akan di master menjadi jatuh mental dan stress.

Suara master yang kita rekomentasikan untuk burung Pleci adalah suara-suara master yang berkarakter roll tembak dengan variasi speed yang variatif dengan amplitudo intonasi panjang yang dinamis.

Contoh suara master (burung master) yang direkomendasikan (sangat baik) untuk burung Pleci adalah:
Semua jenis burung Kolibri.
Burung Gelatik Wingko.
Trecetan burung Gereja.
Semua jenis burung Finch (Kenari, Goldfinch, Blackthroat, Herda Sanger, Mozambik, Siskin, dll)
Semua jenis burung Pelatuk.
Semua jenis burung Ciblek.
Semua jenis burung Perenjak.
Semua jenis burung Flycather.
Semua jenis Jay (Cililin, Blue Jay, Black Jay, dll)
Burung Cucak Jenggot / Kapas Tembak.
Dan lain-lain.
 Dari semua jenis burung tsb yg paling mudah di tangkap burung pleci adalah suara burung kenari, burung blackthroat dan burung mozambik...
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar pemasteran dapat berhasil dengan optimal:

1. USIA BURUNG. Sebaiknya burung Pleci mulai dimaster sejak usia dini, yaitu mulai usia 25 hari atau usia 1 bulan. Ini penting karena diyakini pada usia tersebut Auditory Memory burung Pleci tersebut masih kosong atau Auditory Memory belum banyak menyimpan suara-suara yang ada disekitarnya. Proses pemasteran terus berlangsung dengan terpola dan intensif sampai burung tersebut berusia 8-9 bulan.

2. LINGKUNGAN YANG KONDUSIF. Usahakan pada masa pemasteran berlangsung, tidak ada suara-suara yang TIDAK diinginkan disekitar burung Pleci yang sedang dimaster tersebut.

3. LAGU MASTER YANG TEPAT. Sebaiknya usahakan doktrin lagu (suara master/burung master) yang dijadikan master sebaiknya similiar (memiliki karakter sang sama) dengan karakter dasar suara burung Pleci.

4. TINGKATKAN KECERDASAN BURUNG. Untuk dapat menyerap suara master dengan baik, dibutuhkan kecerdasan burung yang optimal juga. Berikan nutrisi yang baik dan pola perawatan yang tepat. Semakin besar HVC di otak burung, maka burung akan semakin cerdas.

5. WAKTU PEMASTERAN TEPAT. Pemasteran burung Pleci sama halnya dengan proses doktrin. Artinya semakin sering didengar maka akan direkam dan ditirukan. Idealnya pemasteran dilakukan minimal 4 jam setiap hari. Waktu yang tepat dan waktu efektif untuk pemasteran burung Pleci adalah malam hari sampai pagi hari. Pagi sampai sore juga baik asal suasana sekitar burung mendukung.

6. LAKUKAN FEEDBACK. Perdengarkan kembali suara-suara master yang sudah pernah diperdengarkan kepada burung Pleci yang dimaster tersebut secara berkala. Tujuannya agar lagu burung Pleci tersebut tetap terjaga dan Auditory Memory burung semakin baik.

Tambahan dari om irvan :
Setiap penghobi burung tentu sering mendengar istilah memaster burung atau pemasteran burung.

Beberapa hal penting yang harus kita ketahui tentang pemasteran burung berkicau adalah:

1. Gunakan master (burung master) yang memiliki tipe suara dan tipe lagu yang COCOK dan SESUAI dengan tipe suara dan tipe lagu burung yang akan kita master.

2. Waktu ideal dalam pemasteran adalah minimal 4 jam perhari. Semakin sering dan semakin lama akan semakin baik hasilnya.

3. Atur jarak burung master (suara master) dengan burung yang akan di master. jarak ideal adalah 2-6 meter.

4. Hindari pemasteran secara over. Artinya jangan master burung master dengan terlalu banyak burung master (suara master) dalam waktu yang bersamaan.  Contohnya: - Burung Anis Merah tipe ngelagu ngerol 70% dan tipe nembak buang 30%, lebih baik di master dengan burung master sejenis Jalak yang berlagu durasi minimal 10 detik untuk sekali bunyi.
Burung Murai Batu tipe nembak panjang 60% dan tipe ngelagu ngerol 40%, lebih baik di master dengan burung master misalnya Lovebird yang ngekek panjang durasi minimal 10 detik untuk sekali bunyi panjang. Jangan master burung dengan burung master berlagu pendek patah-patah.
Kalau master dengan burung Cililin, pilih burung Cililin yang berlagu panjang minimal durasi 10 detik setiap kali bunyi dengan nada bersih jelas dan interval bunyi sedang tidak terlalu cepat.
Analoginya mirip kita sekolah. Kita dibentuk oleh guru yang mendidik kita. :)
Pantau dan pilih baik-baik burung master sebelum memutuskan untuk membelinya. jangan terpancing dan jangan pernah ikut-ikutan. Dengarkan dahulu baik-baik lagu dan suaranya.
Artinya, hindari punya burung master kalau jarang bunyi dan kalau bunyipun lagunya pendek-pendek fals.
 Suara burung master harus jelas, speed interval sedang (tidak terlalu cepat/lambat), suara bersih, durasi bunyi panjang.
Pilih burung Rambatan yang tembakannya panjang-panjang dan speed jangan terlalu cepat.
 Untuk hasil optimal, jangan lakukan permasteran untuk burung beda jenis yang beda lagu masternya om. Bisa merusak lagu yang sudah ada.
Untuk burung Pleci, sebaiknya dimaster dengan burung:
- Kenari berlagu panjang, speed sedang.
- Gelatik batu berlagu panjang ngerol speed cepat.
- Rambatan lagu panjang speed sedang.
- Cililin lagu panjang speed sedang.
- Mozambik lagu panjang speed lambat. - Dll
 Pemasteran burung itu sama dengan proses doktrin. Sering di dengar pasti akan direkam dan nantinya akan ditirukan.
Pilih burung master yang akan membuat suara burung Maskot kita jadi lebih menonjol. Contoh beberapa burung master yang bisa menaikkan volume suara burung Maskot:
- Cililin
- Kenari
- Ciblek
- Pelatuk - Dll
Contoh sederhananya: Suara burung Pleci yang nembak lagu panjang Cililin membuat suaranya tembus naik jadi 2-3 lipat dari burung Pleci pada umumnya.
selain volume suara dan lagu burung master, pilih PITCH burung master yang lebih tinggi. Ini sangat penting, karena semakin tinggi pitch akan membuat lagu menjadi lebih dinamis tidak monoton.
 Suara deru mesin, suara gemuruh, suara hujan dan suara bernada ramai lainnya merangsang burung untuk berkicau minimal ngeriwik. Kenapa ini bisa terjadi?

Jawabannya adalah :
Karena suara-suara tersebut mengandung frekuensi suara yang komplek (rendah-sedang-tinggi) sehingga membentuk pola suara gelombang otak, contohnya ALPHA dan BETA, otak burung akan merespon gelombang-gelombang tersebut.  ‎15 tahun yang lalu, burung adalah musuh besar bagi bandara penerbangan internasional di Amerika dan Eropa. Karena burung yang terbang dan bermain di sekitar bandara, apabila tersedot ke dalam mesin turbin pesawat, akan membuat mesin fail dan pesawat jatuh.

Para ahli melakukan riset untuk masalah ini. Dan ditemukan pola gelombang suara yang hanya bisa didengar oleh burung yang membuat burung tidak nyaman dan pergi jauh dari bandara. Pola gelombang suara tersebut adalah sistem Gelombang otak dengan perhitungan dan komposisi tertentu yang bekerja hanya untuk burung.
Apabila modul alat ini di perdengarkan pada waktu lomba burung berlangsung, pastilah tidak ada burung yang berani bunyi dan semua burung menjadi stress. HeHeHe :)
 Beberapa cerita diatas memang "out of topic", tapi itu penting untuk kita ketahui. Karena pitch dan frekuensi suara sangat berperan pada burung. :)
Posible kah burung merekam gelombang ytsb?  Bisa . Sistem kerjanya sama dengan alat pengusir tikus dan alat pengusir nyamuk. :) Manusia tidak bisa mendengarnya, tapi burung bisa dan bisa membuat burung merasa tertekan dan stress. :)  Gelombang otak tidak bisa direkam. tapi hanya bisa memberikan reaksi. Tp bila terkena geombang tsb. ..pengaruh premanen apa flexible?  Bisa mematikan, bisa permanen dan bisa juga hanya sementara. Tergantung desain, struktur gelombang dan intensitas gelombang yang kita buat. :)

* THERAPY DENGAN AIR MENGALIR
Seperti diketahui burung pleci hidup nya senang di dekat sungai atau air mengalir, untuk mandi maupun mencari makan dan berkembang biak.
Untuk burung pleci yang kita pelihara dapat di therapy di dekat suara air mengalir sehingga dapat membuat rilex dan tidak mudah stress, bahkan bisa mempercepat untuk buka paruh, ngalas maupun ngeroll, misal nya bagi yg punya aquarium dpt di gantang dekat aquarium, atau  di dekat kamar mandi dengan suara kran air yg mengalir.

Berikut adalah link suara burung yg saya gabung dengan suara air mengalir yg saya unggah di 4 shared :
1. Suara burung ciblex : http://www.4shared.com/get/Hr2m2EII/suara_burung_ciblek_therapy_ai.html
2. Suara burung gereja : http://www.4shared.com/get/uyHLzRyR/suara_burung_gereja_therapy_ai.html
3. Suara burung pleci : http://www.4shared.com/get/F5Fh9xI0/suara_burung_kacamata_therapy_.html
4. Suara burung pleci ngalas : http://www.4shared.com/mp3/35N948gE/suara_burung_pleci_ngalas_ther.html
5. Suara burung kacer : http://www.4shared.com/get/h8qjaap1/suara_burung_kacer_therapy_air.html
6. Suara burung kenari : http://www.4shared.com/get/KnOSYR7X/suara_burung_kenari_therapy_ai.html
7. Suara burung mozambik : http://www.4shared.com/get/UvreW4ob/suara_burung_mozambik_therapy_.html
8. Suara burung rambatan : http://www.4shared.com/get/SOuAaex1/suara_burung_rambatan_therapy_.html
9. Suara burung di alam : http://www.4shared.com/get/W3LeEH1m/suara_burung_therapy_air_menga.html
10. Suara burung kenari variasi cucak jenggot : http://www.4shared.com/get/shxzpTXi/suara_burung_kenari_variasi_je.html
11. Suara burung sanger : http://www.4shared.com/get/bVlVclNL/suara_burung_sanger_therapy_ai.html
12. Suara burung cililin : http://www.4shared.com/get/XjqJVc0G/suara_burung_cililin_jeda_ther.html
13. Suara gemercik air : http://www.4shared.com/get/kw_bsTRj/Suara_gemercik_air___by_HONK_L.html
14. Suara burung blackthroat http://www.4shared.com/get/Leb3ZUSH/suara_burung_blackthroat__ther.html
15. Suara burung Colibri : http://www.4shared.com/mp3/YDB_nXN2/Suara_burung_Colibri_therapy_a.html?
16. Suara burung Kecial rasa Blackthroat : http://www.4shared.com/mp3/q4PMCSrQ/Suara_burung_Kecial_Blackthroa.html?
17. Suara burung Kecial Raja Tembak : http://www.4shared.com/mp3/COs0mcvg/Suara_burung_Kecial_Raja_Temba.html?
18. Suara burung Male Greensinger Mozambique : http://www.4shared.com/mp3/dXLRWWsV/suara_burung_male_greensinger_.html?

SUARA BURUNG LAIN TANPA THERAPY AIR :
1. Suara burung kemade / cabe jawa / talokan : http://www.4shared.com/file/J6JQS0T0/suara_burung_kemade_cabe_jawa_.html?
2. Suara burung love bird ngekek : http://www.4shared.com/file/YSFbXLZf/suara_burung_love_bird_ngekek_.html?
3. Suara burung Kacer Hitam Betina : http://www.4shared.com/mp3/p3vB2zYb/suara_burung_kacer_hitam_betin.html?
4. Suara burung Love Bird 47 detik : http://www.4shared.com/mp3/PnTN7oft/suara_burung_love_bird_47_deti.html?
5. Suara burung Love Bird 1 menit : http://www.4shared.com/mp3/oyLNgl1v/suara_burung_love_bird__1_meni.html?
6. Suara burung pleci : http://www.4shared.com/mp3/hpZEN1J1/Suara_Burung_Pleci_by_honk_lie.html?

Pemasteran boleh dengan burung asli atau pun memakai mesin, kalau memakai mesin sebaiknya yg mempunyai speaker agak besar, yg suara nya ngebass , sehingga bisa keluar suara 3 dimensi, untuk HP tidak di sarankan, karena suara yg di hasilkan tidak setereo dan tidak 3 dimensi.
Waktu pemasteran yg baik adalah di malam hari sampai pagi hari, kemudian di lanjut pagi hari samapai sore hari, jangan dikira kalau malam hari akan mengganggu tidur burung, karena burung tidur tidak benar benar tidur, tidur nya tidur tidur ayam.

cara download nya, langsung klik link tsb diatas atau dengan mengcopy link di atas, lalu cari di google.


Semoga dapat membantu dan dapat dipergunakan dengan baik, mohon maaf bila ada kekurangan dan kurang berkenan...

SALAM PLECI MANIA - ZOSTEROPS...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here